BeritaBerita Kotama

Wujud Penghormatan Terhadap Pahlawan, Calon Penerbang TNI Ziarah Ke Ngoto

Dibaca: 234 Oleh 25 Jul 2018Tidak ada komentar
Jelang Wingday, 51 Calon Penerbang Jalani Tradisi Penyematan Brevet
#TNIAU 

TNI AU. Sebagai wujud penghormatan dan meneladani jiwa Kepahlawanan para perintis TNI AU, sebanyak 51 Calon Penerbang dari Sekbang Terpadu TNI Angkatan 93 melaksanakan ziarah ke Monumen Perjuangan TNI AU di Ngoto Bantul, Rabu (25/7). Kegiatan Ziarah dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi, S, MM dan dihadiri oleh Danwingdikterbang Kolonel Pnb Deni Hasoloan, Para Kadis, Para Komandan satuan serta seluruh instruktur penerbang.

Kegiatan Upacara Ziarah  ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan tradisi sebelum para penerbang ini selesai melaksanakan pendidikan di Sekolah Penerbang dan melaksanakan Penutupan Pendidikan tanggal 2 Agustus serta Wingday pada 3 Agustus 2018 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut Danlanud Adisutjipto menyampaikan bahwa  tujuan ziarah ke Ngoto yang merupakan makam para pahlawan dan perintis berdirinya Sekolah Penerbang TNI AU Komodor Udara Abdulrachman  Saleh serta Komodor Udara Agustinus Adisutjipto adalah salah satu wujud nyata penghormatan bagi para calon penerbang TNI untuk tetap mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

Baca juga:  ASPERS BERIKAN BEKAL KEPADA CASIS SESAU ANGKATAN KE-9

“Dengan ziarah maka spirit perjuangan para pahlawan menjadi semangat bagi kita sebagai generasi penerus TNI agar tetap meneruskan cita-cita para pahlawan salah satunya adalah menjadi penerbang yang profesional. Selain memberikan penghormatan para pahlawan kusuma bangsa, yang berjuang di masa awal kemerdekaan, kegiatan ini diharapkan menjadi bahan kontemplasi dan renungan bagi para generasi penerus masa kini dan masa yang akan datang tentang patriotisme dan semangat nasionalisme yang menjadi dasar perjuangan mereka” tegasnya.

Suasana ziarah berlangsung khidmat di sepanjang acara ziarah pada saat para calon penerbang ini melaksanakan penghormatan dan doa bersama secara langsung  di pusara para Pahlawan yang gugur pada saat menunaikan bhaktinya kepada negara dan bangsa.

Selain  kegiatan Ziarah para Calon Penerbang juga melaksanakan kegiatan Doa Bersama yang dilaksanakan di area tugu Garuda Maguwo. Tugu Garuda Maguwo merupakan monumen untuk mengenang dan melestarikan nilai-nilai semangat juang dan semangat pengabdian yang telah di teladankan oleh para pahlawan AURI pada waktu mempertahankan Pangkalan Udara Maguwo dari serangan Militer Belanda dalam Perang Kemerdekaan ll (Agresi Militer Belanda ke ll).

Baca juga:  Ketua Yayasan Ardhya Garini Cabang 14/D.I Lanud Sutan Sahrir Berikan Bingkisan Lebaran

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel