Berita

Yasarini Cabang Lanud Rsa Gelar Acara Parenting

Dibaca: 0 Oleh 11 Mar 2021Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#TNIAU 

TNI AU.   Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) Cabang Lanud Raden Sadjad (Rsa)  menggelar ceramah parenting dengan tema “Pentingnya Pendidikan pada Anak Usia Dini”  di Gedung Cakrawala Lanud Rsa, Rabu (10/3/2021).

Danlanud Rsa  Kolonel Pnb Dedy I. S. Salam, S.Sos.,  selaku pembina Yasarini Cabang Lanud Rsa dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu sarana  dalam meningkatkan kualitas sebagai orangtua di dalam keluarga.

“Penanaman sikap atau perilaku orang tua ramah anak seperti ramah pendidikan, ramah gizi, ramah pengasuhan dan ramah perlindungan agar kebutuhan anak-anak dengan baik akan mempengaruhi fase-fase perkembangan anak yang secara terstuktur dan teratur,” ujarnya.

Dengan diselenggarakan acara ini  Danlanud Rsa berharap dapat menambah pengetahuan dan pemahaman kita sebagai orang tua dalam memberikan pembinaan dan pengasuhan kepada anak, sehingga menjadi generasi yang cerdas, berkualitas dan berakhlak mulia.

Sementara itu, Ketua Yasarini Cabang Lanud Rsa Ny. Dedy I. S. Salam  mengatakan bahwa pendidikan yang utama untuk anak-anak generasi kita adalah pendidikan yang melibatkan peran orang tua, dimulai dari keluarga, karena adalah hal yang sangat wajar jika pembinaan pendidikan itu kita mulai dari rumah dan lingkungan terdekat dari anak-anak kita, yaitu keluarga, dimana anak-anak dibesarkan dengan limpahan cinta dan kasih sayang yang tulus dari para orang tua.

Baca juga:  Kunker ke Lanud Raden Sadjad, Kasau Tinjau Kesiapan Satuan

Lebih lanjut di katakan, acara parenting ini bertujuan memberikan pengetahuan dalam bentuk ceramah parenting yang akan disampaikan oleh narasumber Psikolog dari  Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak  (P2TP2A) Kabupaten Natuna Ibu Sumarni, S.Psi., M.Psi.,  kepada ibu-ibu guru TK dan KB Angkasa serta ibu-ibu anggota PIA AG Cabang 17/Daerah.1 Lanud Raden Sadjad.

Sedangkan Narasumber Sumarni, S.Psi., M.Psi.,  pada kesempatan tersebut  dalam ceramah mengatakan golden age adalah masa yang paling penting untuk membentuk karakter pada anak anak usia 0-5 tahun, persiapan masa emas anak optimalkan asupan gizi/nutrisi, stimulasi psikologi dan tidak over stimulasi.

Dikatakannya, ada 3hal yang sebaiknya diperhatikan orangtua dalam mendidik anak pada usia emasnya;

Pertama, Pola Asah; kegiatan merawat yang bertujuan untuk mengasah dan merangsang kemampuan yang dimiliki anak guna untuk memunculkan potensi anak karena 80% otak anak mengalami peningkatan perkembangan pada usia periode emas.

Kedua, Pola Asih; pola ini akan memperkuat bonding antara orang tua dengan anak. Pemberian pujian, penghargaan, rasa tanggung jawab, kemandirian dan baru akan membuat kecerdasan emosi anak berkembang dengan baik dan jangan lakukan hal sebaliknya.

Baca juga:  Doa Bersama Kesiapan Bina Terbang Siswa Sekbang Angkatan 97

Ketiga Pola Asuh: pola asuh berhubungan dengan bagaimana membesarkan anak dengan baik, kaitannya adalah: dengan asupan gizi, kebutuhan tempat tinggal, hidup yang layak, pakaian yang bersih dan nyaman, serta kebutuhan kesehatan fisik dan psikis anak. Hal ini berkontribusi pada perkembangan kecerdasan anak.

Dari ketiga pola diatas sebaiknya di selaraskan agar kita mendapatkan generasi-generasi emas yang luar biasa.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Personel Lanud Rsa Letkol Adm Hendri, S.Sos.,  selaku Pembina harian Yasarini Cabang Lanud Rsa, Kadislog Lanud Rsa Letkol Kal Andri Winarko, Kasi BMP Lanud Rsa Kapten Kal Radi Prismika Nafrial, Kasibinjaskemil Lanud Rsa Kapten Kes Sholikhin Sudianto serta perwira Lanud Rsa Lainnya.

Konsep Otomatis

Konsep Otomatis

Yasarini Cabang Lanud RSA Gelar Acara Parenting

Yasarini Cabang Lanud RSA Gelar Acara Parenting

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel