TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Yasarini Cabang Lanud Soewondo Gelar Olimpiade AMSO 2018

By 24 Oct 2018Berita
Danlanud_Soewondo_Kolonel_Pnb_Dirk_Poltje_Lengkey_didampingi_Ketua_Yasarini_Cab._Lanud_Soewondo_Ny._Dirk_Pltje_Lengkey_beserta_pengurus_dan_para_guru_foto_bersama_setelah__pembukaan_AMSO

TNI AU. Ketua Yasarini cabang Lanud Soewondo Ny. Dirk Poltje Lengkey memimpin secara resmi acara pembukaan Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO) tahun 2018 yang digelar di halaman Sekolah Angkasa Lanud Soewondo Medan yang dihadiri oleh Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey. Selasa (23/10).

Ketua Yasarini Pusat Ny. Nanny Hadi Tjahjanto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua Yasarini Cabang Lanud Soewondo Ny. Dirk Poltje Lengkey pada acara pembukaan menyampaikan bahwa, Yayasan Ardhya Garini yang didirikan dari kepedulian dan rasa tanggung jawabterhadap dunia pendidikan di Indonesia bagi keluarga besar istri prajurit TNI AU atau yang disebut dengan PIA Ardhya Garini. Pendidikan di Indonesia pada dasarnya tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab kita semua, baik secara pribadi, keluarga maupun institusi. Pemerintah bukanlah satu-satunya penyelenggara pendidikan, tetapi sebagai mana kita ketahui bahwa tidak sedikit pendidikan diselenggarakan oleh pihak swasta atau yang sering dikenal dengan sekolah swasta, seperti halnya Sekolah Angkasa yang diselenggarakan oleh Yasarini. Saat ini Yasarini telah mengelola sekolah-sekolah mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB sebanyak 151 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia serta pendidikan non formal berupa kursus-kursus keterampilan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sebagai salah satu operator Sekolah Swasta di Indonesia, Yasarini sedang bergerak maju memperbaiki manajemen pengelolaan sekolahnya, agar mutu atau kualitas sekolah meningkat dan mempunyai standar yang sama bagi seluruh sekolah-sekolah angkasa yang tersebar di seluruh Indonesia untuk semua jenjang pendidikan. Memang diperlukan inovasi dan kreatifitas berfikir serta bertindak untuk meningkatkan mutu sekolah, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan “Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO)”, tahun ini merupakan kegiatan AMSO yang ke dua,dimana pada tanggal 9 oktober 2017 kegiatan AMSO yg pertama diselenggarakan.

Olimpiade mata pelajaran merupakan kegiatan yang menantang bagi setiap siswa, dikarenakan dalam olimpiade tersebut membutuhkan penalaran dan pemahaman tingkat tinggi (High Order Thinking Skills) pada daya pikir siswa. Kegiatan olimpiade mata pelajaran ditujukan agar peserta didik dapat mengembangkan daya pikir, bakat dan kemampuannya di berbagai pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Melalui Angkasa Mathematic and Science Olympiad banyak sekali manfaat yang bisa diambil diantaranya : Pertama, Menyediakan wahana bagi siswa jenjang SD/MI, SMP, dan SMA serta SMK Sekolah Angkasa untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika, IPA, dan IPS; Kedua, Memotivasi siswa untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, spiritual, berdasarkan norma-norma yang sehat sehingga siswa dapat memacu kemampuan bernalar; Ketiga, Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS; Kempat, Sebagai sarana mempersiapkan dan menumbuhkan kader-kader juara siswa Sekolah Angkasa untuk menjadi individu/generasi bangsa yang kreatif dan mandiri agar mampu bersaing di tingkat provinsi/nasional/internasional.

Oleh sebab itu kegiatan ini saya nilai sangat baik, terbukti pada pelaksanaan tahunlalu dapat memotivasi siswa untuk bersaing dan berkompetisi dengan sekolah lainnya.Saya berharap ini bisa dijadikan program rutin tahunan Yasarini, sehingga dapat mendongkrak mutu sekolah-sekolah angkasa dalam rangka menyiapkan generasi emas Indonesia yang akan mewujudkan NKRI yang maju dan sejahtera. Tanpa orang-orang yang berpendidikan, mustahil Negara Indonesia yang kaya akan sumber daya alam dapat mensejahterakan rakyatnya.

Diakhir sambutannya Ketua Yasarini Pusat mengucapkan selamat mengikuti AMSO ini. Laksanakanlah Olimpiade ini dengan senang hati dan motivasi yang tinggi. Selain menguji dan mengasah intelektual kalian dibidang ilmu pengetahuan tertentu, Olimpiade ini juga melatih kalian untuk berkompetisi dalam meraih mimpi masa depan yang gemilang. Bagaimanapun, dunia masa depan penuh dengan persaingan atau kompetisi, oleh sebab itu mulai sekarang kalian harus dilatih dan disiapkan untuk menghadapi kompetisi tersebut dengan kemampuan dan kompetensi diri dalam bidang ilmu pengetahuan. Sebagaimana sebuah kompetisi, olimpiade ini tentunya ada yang menjadi juara atau yang menang dan ada juga yang kalah. Bagi yang menangIbu ucapkan selamat dan teruslah berkarya,bagi yang belum berhasil jangan berputus asa, tetaplah bersemangat dan belajar lebih giat lagi. Kekalahan itu adalah kemenangan yang tertunda, pungkas beliau.

Usai acara pembukaan, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey juga memberikan motivasi kepada para siswa sekolah Angkasa mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. Danlanud menyampaikan kepada para siswa agar termotivasi untuk tetap belajar dengan tekun, baik di sekolah maupun di rumah. Mengikuti Les Untuk menambah pengetahuan yang belum sempat diajarkan di sekolah, upayakan anak didik sekalian bisa menonjol dari sisi prestasi akademis, karena persaingan kedepan tidak semakin ringan, untuk bisa mencapainya yaitu dengan terus belajar dengan giat, kata Danlanud memberikan semangat. Setelah acara pembukaan selesai, para siswa memasuki kelas masing-masing yang dilanjutkan dengan pelaksanaan ujian AMSO yang diikuti oleh 352 siswa/i mulai dari SD, SMP dan SMA Angkasa Lanud Soewondo.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Yasarini Cabang Lanud Soewondo Gelar Olimpiade AMSO 2018