Berita

YAYASAN PKBI LATIHAN BELA NEGARA DI WINGDIKTEKKAL

Dibaca: 25 Oleh 22 Sep 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Sebanyak 209 peserta dari Yayasan Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia (PKBI) Binong Subang mengikuti upacara pembukaan pelatihan bela Negara di lapangan apel Skadik 303 Wingdiktekkal. Jumat (21/9). Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Yayasan PKBI Binong Subang dengan Wingdiktekkal yang akan dilaksanakan selama tiga hari.

“Secara strategis kegiatan pendidikan karakter bela negara perlu dilaksanakan sebagai salah satu upaya terobosan inovatif dan kreatif, agar dapat menjadi bekal guna mengantisipasi berbagai pengaruh negatif yang dapat merubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak generasi muda disorientasi, Terlebih lagi saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi arus perubahan lingkungan akibat pengaruh globalisasi maupun euforia reformasi yang cenderung mengakibatkan melemahnya wawasan kebangsaan dan kesadaran bela Negara.”, jelas Komandan Wingdiktekkal Kolonel Tek Sigit Priyono GSC, S.IP., M.Sc.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan wadah untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia dengan dasar dan berwawasan empat pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, juga memberdayakan SDM Indonesia yang mempunyai sikap kepemimpinan (Leadership Attitude), sikap kebiasaan disiplin (Dicipline Habit Attitude), sikap mental dan kepribadian (Moral Attitude), kemampuan trengginas (Psycomotoric Ability) dan sikap toleransi serta nasionalisme yang memiliki jiwa patriotik serta rasa cinta tanah air dan bertanggung jawab kepada bangsa dan negara.

“Selama tiga hari ke depan, peserta pelatihan akan dikenalkan berbagai materi semi militer sebagai dasar pembentukan karakter untuk mencapai pribadi yang unggul seperti Peraturan Baris-Berbaris, berbagai ceramah, kedisiplinan hidup, pengenalan lingkungan, bela Negara dan Nasionalisme serta hakikat ancaman dan bencana alam dan bagaimana cara penanggulangan dari bencana alam serta bagaimana mengevakuasi diri dari terhadap bencana alam.”, tambahnya.

Danwingdiktekkal mengharapkan kepada peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan ini dengan ikhlas, penuh semangat dan gembira sedangkan kepada seluruh panitia dan Pembina untuk selalu melakukan koordinasi secara intensif sehingga kegiatan berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

Hadir dalam kegiatan upacara pelatihan bela Negara ini Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Heraldy Dumex Dharma, S.AP., M.Si (Han), para pejabat Lanud Suryadarma, pejabat Wingdiktekkal dan pejabat Yayasan PKBI.

Baca juga:  16 Prajurit naik pangkat

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel