TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Yonko 464 Paskhas Berhasil Kuasai Pangkalan Udara di Pulau Morotai

2018-05-12-PHOTO-00000061

TNI AU. Pasukan dari Batalyon Komando 464 Paskhas yang dipimpin Lettu Pas Archie  bersama dengan pasukan Para Raider 305 Brigif 17 Divisi 1 Kostrad berhasil diterjunkan dengan menggunakan tiga pesawat Hercules dari Skadron Udara 32 di Pangkalan Udara Leo Watimena Morotai. Sabtu (12/5).

Dalam operasi tersebut, pasukan Yonko 464 Paskhas dengan kekuatan 48 personel melaksanakan Operasi Perebutan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U) yang telah beberapa bulan dikuasai musuh sedangkan Operasi Linud dengan kekuatan 96 personel bertugas untuk menghancurkan sasaran yang berada di wilayah pegunungan Morotai.

Berangkat pukul 03.44 Wita dari Pangkalan Udara Sam Ratulangi Manado dan tiba di atas Pulau Morotai Pukul 05.15 Wita. Semua prajurit yang awalnya duduk langsung berdiri dan membentuk barisan formasi penerjunan.

Kurang dari satu menit, sebanyak 144 peterjun keluar dari pesawat. Parasut mengembang beriringan. Misi Pesawat C-130 A-1308 selesai. Pasukan Lintas Udara (Linud) dan Batalyon Komando Paskhas langsung melaksanakan penyerbuan secara mendadak dan serentak membuat musuh kocar kacir sehingga mudah dilumpuhkan dan Pulau Morotai berhasil dikuasai penuh oleh TNI.

Suasana pagi di Morotai yang biasanya sunyi dan tenang saat sang fajar mulai beranjak dari peraduannya tiba-tiba terdengar desingan peluru dan rentetan ledakan terdengar dari arah Utara Morotai disertai deru mesin pesawat yang memuntahkan pasukan udara yang terjun dari bagian belakang pesawat. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI yang dilaksanakan di wilayah Morotai khusunya di Pangkalan Udara Leo Watimena.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Yonko 464 Paskhas Berhasil Kuasai Pangkalan Udara di Pulau Morotai