Berita

Yonko 464 Paskhas Rebut Detasemen Ponggok Blitar

Dibaca: 291 Oleh 23 Mar 2017Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Lanud Abd Saleh yang merupakan Pangkalan Operasional Utama TNI AU, di Detasemen Ponggok Blitar Pangkalan Milik Lanud Abd Saleh ternyata telah dikuasai musuh dari Negara Sonora dalam jangka waktu lama. Melihat fungsi utama Pangkalan Udara yang strategis tersebut, Batalyon 464 Paskhas menggerakkan satu kompi pasukan untuk merebut kembali dari tangan musuh.

Operasi perebutan pangkalan tersebut dimulai Rabu (23/3) dengan menerjunkan pasukan pengendalian tempur (Jundalpur). Tugas yang diemban pasukan Jundalpur tersebut adalah untuk menyusup, melakukan observasi drooping zone dan menyampaikan informasi ke home base tentang situasi dan kekuatan musuh yang telah menguasai wilayah Detasemen Ponggok Blitar. Setelah laporan diterima pagi ini tepat pukul 00.05 UTC diterjunkan kembali Pasukan yang bertugas merebut dan mengendalikan pangkalan. Baku tembak antara Pasukan Khas TNI AU dari Yon 464 melawan Pasukan Musuh-pun terjadi sangat menegangkan. Dengan kekuatan yang telah tertata dan terlatih, Paskhas Yon 464 hanya memerlukan waktu 10 menit untuk menguasai kembali wilayah Detasemen Ponggok Blitar. Pasukan Musuh tidak mampu menghadapi serangan Paskhas yang mendadak sehingga tidak mampu mempertahankan kekuasaannya. Sementara guna mendukung pengoperasian Detasemen Ponggok Blitar yang mengalami beberapa kerusakan, dua Pesawat Hercules menerjunkan bantuan logistik yang diperlukan di area yang telah ditetapkan oleh Pasukan Jundalpur.

Baca juga:  KUNJUNGAN PASIS KURSUS STAF (SUSSTAF) BIDANG MATRA UDARA DI DISLITBANGAU

Demikian scenario singkat yang digelar dalam Latihan Puncak Lanud Abd Saleh dengan sandi Garuda Perkasa 2017 dan dilanjutkan dengan Bhakti Sosial di sekitar Detasemen Ponggok Blitar (23/3).

Satu hari sebelumnya telah dilaksanakan pula kegiatan crash team dan penanggulangan huru hara. Dalam crash team tersebut disimulasikan sebuah pesawat Hercules mengalami incident terbakar engine 1 dan mendarat darurat di Lanud Abd Saleh, selanjutb\nya Pomau melaksanakan sweping untuk kelengkapan kendaraan roda dua dan roda empat dan secara cepat crash team Abd Saleh berhasil mengatasinya. Sementara simulasi pasukan penanggulangan huru hara (Gulhura) Lanud Abd Saleh berhasil memukul mundur para pendemo dari kelompok masyarakat yang menuntut pembebasan tanah yang selama ini dikuasai oleh TNI AU.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel