TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

YONKO 466 PASKHAS MELAKSANAKAN LATIHAN RENANG PONCO

By 14 Mar 2014 16:06Berita
indonesianf16pesawat0170_tniau

Disela-sela kesibukannya sebagai Prajurit dalam rangka pembinaan satuan, Prajurit Batalyon Komando 466 Paskhas   Kamis (13/3) menyelenggarakan latihan renang militer (Renang Ponco) dan latihan praktek mengunakan LCR (Landing Craft Rubber) di Pantai Salodong Kota Makassar,  renang militer (Renang Ponco) dengan jarak 100 meter dilaksanakan secara bertahap yang menjadi agenda tetap bagi prajurit Batalyon Komando 466 Paskhas yang diikuti oleh 80 prajurit Batalyon Komando 466 Paskhas termasuk Komandan Batalyon Komando  dan Wakil Komandan Batalyon Komando.

Menurut Panitia, Ponco yang kita kenal sebagai pelindung di waktu hujan ternyata banyak sekali kegunannya. Salah satu kegunaan ponco pada renang militer adalah sebagai alat pelampung yang di buat seperti bantal yang di ikat dengan tali, usahakan mengikat jangan sampai longgar, supaya air tidak masuk kedalam ponco. Pada saat pelaksanaan renang ponco. Ponco jangan sampai lepas atau di naiki karana fungsi ponco hanya sebagai tumpuan sementara.

Selain latihan Renang Ponco Prajurit Batalyon Komando 466 Paskhas juga melaksanakan latihan praktek menggunakan LCR (Landing Craft Rubber).  Pada Latihan ini, diasumsikan prajurit memasuki daerah yang telah dikuasai oleh musuh secara senyap dengan teknik menggunakan LCR (Landing Craft Rubber). Selanjutnya selama perjalanan selalu melaksanakan koordinasi dititik kumpul akhir yaitu untuk melaksanakan pendaratan, sebelum LCR (Landing Craft Rubber) mendarat kurang lebih 300 meter dikeluarkan perenang rintis untuk mendeteksi daerah pendaratan yang aman. Setelah dinyatakan aman oleh tim rintis, maka LCR (Landing Craft Rubber) akan melaksanakan pendaratan pantai.

Dalam kesempatan tersebut Letkol Psk Wahyu Tunggul selaku Komandan Batalyon Komando 466 Paskhas menyampaikan bahwa kegiatan latihan renang militer (Renang Ponco)  dan praktek menggunakan LCR (Landing Craft Rubber) dilaksanakan dalam rangka Pembinaan Satuan, selain itu juga merupakan salah satu keterampilan dan ketangkasan bagi para prajurit yang harus dimiliki mulai dari tingkat dasar sampai tingkat lanjutan.    “Karena hal ini merupakan tuntutan dalam melaksanakan tugas, sekaligus menjaga kondisi fisik dan kebugaran tubuh dan sebagai evaluasi bagi setiap individu” Tegas Letkol Psk Wahyu.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

YONKO 466 PASKHAS MELAKSANAKAN LATIHAN RENANG PONCO