Berita

Yonko 469 Paskhas Melaksanakan Force Down Dalam Rangka Latihan Cakra C-20 TA. 2020

Yonko 469 Paskhas Melaksanakan Force Down Dalam Rangka Latihan Cakra C-20 TA. 2020
#TNIAU 

TNI AU. Dalam rangka kegiatan Latihan Pertahanan Udara Cakra C-20 TA. 2020 di Wilayah Kosekhanudnas III Medan, Batalyon Komando 469 Paskhas melaksanakan Latihan force down guna menguji kemampuan, keterampilan, dan kesiapsiagaan prajurit Batalyon Komando 469 Paskhas dalam mendukung Operasi Pertahanan Udara Nasional di Lanud Soewondo Medan, Kamis (20/02).

Batalyon Komando 469 Paskhas dalam latihan ini melakukan pengamanan yang terdiri dari 2 tim penindakan mobile darat, pengamanan pertahanan pangkalan dan 2 tim sniper.

Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P yang didampingi Danyonko 469 Paskhas Letkol Pas Agus Yoga Permana saat diwawancarai menjelaskan bahwa latihan ini dalam rangka melihat kesiapsiagaan Prajurit.

“Ini adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kosekhanudnas III Medan, merupakan rangkaian latihan rutin tiap tahun dalam rangka kesiapsiagaan Prajurit, khususnya prajurit TNI AU di wilayah Medan maupun di Kosekhanudnas III dan Yonko 469 Paskhas. Kebetulan hari ini kita melaksanakan force down pesawat asing. Jadi diasumsikan ada pesawat asing yang terbang dari wilayah yang tidak diketahui, memasuki wilayah kedaulatan NKRI tanpa dilengkapi surat dan dokumen yang jelas dan saat itu di indentifikasi oleh radar Kosekhanudnas III kemudian dihimbau untuk secepatnya meninggalkan wilayah kedaulatan Republik Indonesia, tapi tidak mau, maka dilakukan force down atau penurunan pesawat dengan paksa ke Lanud terdekat dengan menggunakan 2 pesawat F-16, kebetulan yang terdekat adalah Lanud Soewondo, untuk diproses lebih lanjut,” ucap Danlanud Soewondo.

Baca juga:  TINGKATKAN KEMAHIRAN, KOSEKHANUDNAS IV ADAKAN LATIHAN MENEMBAK

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel