Berita

YPKI SOSIALISASIKAN PENYAKIT KANKER DI WINGDIKTEKKAL

Dibaca: 11 Oleh 19 Sep 2012Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Yayasan Peduli Kanker Indonesia (YPKI) yang dipimpin Bapak D. Nurcahyo, SKM beserta tiga anggotanya mengadakan sosialisasi penyakit kanker di Wingdiktekkal. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Mako Wingdiktekkal yang diikuti seluruh anggota dan ibu-ibu PIA AG Wingdiktekkal. Rabu (19/9).

 

Dalam penjelasanya, Nurcahyo mengatakan bahwa semua jenis penyakit yang terjadi pada tubuh manusia selalu diawali dengan suatu proses. “Proses terbentuknya kanker memerlukan waktu yang cukup lama, kebanyakan berlangsung selama 15-25 tahun, dan biasanya ditandai dengan munculnya benjolan seperti benjolan pada kelenjar getah bening, kista yang merupakan benjolan disekitar rahim dan payudara juga tumor yang merupakan benjolan yang tumbuh secara tidak terkendali”, jelasnya.

 

Menurutnya, gejala khusus kanker payudara seperti kulit payudara mulai bersisik dan mengeras, kadang terasa gatal, munculnya benjolan disekitar payudara, lambat laun putting susu akan melipat ke dalam, cara pencegahannya dengan melakukan Mammography setiap setahun sekali. Lanjutnya gejala khusus kanker rahim seperti menstruasi tidak teratur atau pendarahan abnormal dan sakit disekitar tulang pinggul, pendarahan kembali setelah menopouse lebih dari tiga tahun, keputihan yang tidak kunjung sembuh dan bersifat patologis, cara pencegahannya dengan melakukan Papsmear setahun sekali. Kemudian gejala khusus kanker prostat antara lain air seni berwarna kemerahan, buang air kecil tidak lancar dan terasa sakit, ejakulasi terasa sakit dan keluar darah serta tidak mampu menahan buang air kecil, cara pencegahan lakukan cek PSA.

Baca juga:  Komandan Lanud Sjamsudin Noor Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kalimantan Selatan

 

Lebih lanjut dijelaskan faktor penyebab kanker antara lain faktor keturunan (Genetik), faktor lingkungan misalnya; hormonal atau stress, rokok, kosmetik (hidronegon, mercury), polusi udara, limbah pabrik, faktor makanan seperti Monosodium Glutamat (penyedap rasa), Natrium Benzoat (zat pengawet), borax, formalin, bleng (zat pengenyal), Rodamin-B (pewarna textile), Sakarin atau Siklamat (pemanis buatan), lemak jenuh.

 

Diakhir acara penyuluhan itu, Nurcahyo memberikan tips-tips sehat menghindari kanker seperti mengurangi Karsinogen, memperbanyak Anti Oksidan yang terdapat dalam sayur mayur, lauk pauk, dan buah-buahan, lakukan olahraga secara teratur, dan lakukan Imunotheraphy atau identik dengan imunisasi yang merupakan salah satu cara menangkal sel kanker dan menggempur sel-sel kanker yang mungkin sudah ada di dalam tubuh.

 

Melalui kegiatan ini, Danwingdiktekkal Kolonel Tek Sigit Priyono GSC, S.IP., M.Sc mengharapkan agar para anggota Wingdiktekkal dapat menambah pengetahuan dan peduli akan kesehatannya baik jasmani maupun rohani, terutama dalam hal ini berkaitan dengan penyakit kanker seperti kanker rahim, kanker payudara dan kanker prostat, sehingga dapat melakukan pencegahan secara dini terhadap penyakit kanker.

Baca juga:  Ny. Irenne Moningka: Cegah Covid-19 Butuh Asupan Gizi Seimbang

 

Berita Gambar: Anggota dan Ibu-ibu PIA AG Wingdiktekkal mengikuti penyuluhan dan sosialisasi penyakit kanker dari Yayasan Penyakit Kanker Indonesia. (Foto Pen Wdt)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel