Berita

Ziarah di Monumen Perjuangan Ngoto Peringati HUT TNI AU 67

Dibaca: 12 Oleh 09 Apr 2013Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

“Saya merinding bila mengingat peristiwa jatuhnya pesawat Dakota VT CLA, 67 tahun yang lalu. Betapa besarnya jasa leluhur kita dalam membangun bangsa dan berkorban demi tanah airnya. Saya berharap generasi muda khususnya di TNI Angkatan Udara dapat mengenal lebih jauh Monumen Perjuangan TNI AU di Ngoto ini,” jelas KoL Pnb Minggit Tribowo sekaligus pimpinan acara dalam ziarah peringatan HUT TNI AU ke 67 Senin (8/4)

Monumen Perjuangan Ngoto terletak di desa Bangunharjo Sewon Bantul kira-kira 7 Km dari Titik Nol Yogyakarta. Monumen Ngoto dibangun 1 Maret 1948 dan terdapat 4 Pusara yang diantaranya 2 pahlawan nasional yaitu Komodor Muda Udara Adisutjipto dan Komodor Muda Udara Prof Dr. Abdulrahman Saleh. Monumen Ngoto merupakan Monumen peringatan Jatuhnya Pesawat Dakota VT-CLA yang jatuh tanggal 29 Juli tahun 1947. Aksi itu merupakan aksi balasan dari penjajah Belanda yang pagi harinya telah diserang oleh para pejuang Indonesia yag menyerang tiga kota Salatiga, Ambarawa dan Semarang. Kadet penerbang Suharnoko Harbani dan penembak udara Kaput dengan pesawat Cureng menuju Ambarawa, Kadet penerbang Sutardjo Sigit dan penembak Udara Sutardjo pesawat Cureng menuju Kota Salatiga, dan kadet penerbang Muljono dan penembak Abdurahman mengunakan Guntai menuju Kota Semarang. Peristiwa jatuhnya Dakota VT CLA lebih dikenal dengan peristiwa hari Bhakti TNI AU mulai tahun 1962.

Baca juga:  Personel Lanud Husein S. Dapatkan Kartu Brizzi Gratis

Sedangkan HUT TNI AU ke 67 diperingati setiap tanggal 9 April adalah wujud kepercayaan pemerintah setelah melalui proses peningkatan organisasi dari KR, TKR, dan TRI dengan penetapan pemerintah tahun 1946 Nomor 6 tanggal 9 April 1946 TKR Jawatan Penerbangan ditingkatkan menjadi Tentara Republik Indonesia Angkatan Udara.

Ziarah hari ini dipimpin oleh Komandan Wingdik Terbang Kol Pnb Minggit Tribowo, serta dihadiri oleh Kadispers kol Pnb Mohammad Syafii, KadisLog Kol Tek IG Made Radar, Kadisops Letkol Pnb Wahyu Anggono, Kepala Museum Letkol Sus Sudarno, Dansatpom lanud, Karuops, Danskadik, dan Perwira lainnya. Sedangkan pasukan yang terlibat 1 SSK Bintara, 1 SSK Tamtama, 1 SSK PNS, 1 SSK PPAU, PIA, dan 1 SSK Sekbang PSDP dan 1 SSK AAU.

Selain Tabur bunga pimpinan Ziarah memimpin Penghormatan kepada arwah, dilanjutkan peletakan karangan bunga dan diakhiri Tabur bunga. Menurut rencana puncak Acara HUT TNI AU ke 67 akan dilaksanakan upacara Militer di pusatkan di AAU esok hari lap. Dirgantara.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel