Berita

ZIARAH DI TAMAN MAKAM PAHLAWAN

Dibaca: 3 Oleh 30 Jul 2012Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Upacara ziarah untuk memperingati peristiwa bersejarah ‘Hari Bhakti TNI Angkatan Udara’ dipimpin oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsdya TNI Dede Rusamsi selaku pimpinan rombongan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Sabtu (28/7).

Wanita TNI Angkatan Udara (WARA) turut pula dalam kegiatan yang penuh hikmat ini. Selain dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT)-nya yang memasuki usia 49 tahun, namun pula berbarengan dengan pelaksanaan ziarah Hari Bakti ke-65 TNI AU.

Acara berlangsung khidmat dengan diawali oleh kegiatan upacara militer. Sebagai bentuk penghormatan atas jasa pengorbanan para pahlawan yang telah gugur di medan tugas.

Kemudian, dilaksanakan peletakan karangan bunga oleh Wakasau di monumen TMP. Dilanjutkan acara tabur bunga ke makam para pahlawan. Tampak beberapa Wara senior, turut ambil bagian dalam kegiatan tahunan ini. Didampingi oleh Kepala Bagian Pembinaan Wanita TNI AU Letkol Kes Winarni, SAP.

Sekilas sejarah, kegiatan ziarah ini dimaksudkan untuk kembali mengingat dua peristiwa penting yang saling mengikuti dan terjadi pada tanggal 29 Juli 1947. Yakni, keberhasilan serangan udara yang monumental, untuk pertama kalinya dilakukan oleh TNI AU.

Baca juga:  Infiltrasi Tim Dalpur Denmatra 2 Paskhas

Walaupun, diiringi dengan duka yaitu gugurnya tiga pelopor dan perintis TNI AU. Jasa-jasanya akan selalu dikenang, mereka adalah Komodor Udara Agustinus Adisutcipto; Komodor Udara Prof. Dr. Abdulracman Saleh serta Opsir Muda Udara Adisoemarmo Wirjokusumo.

Melalui ziarah ini kembali mengingatkan Wara untuk memiliki semangat rela berkorban serta berdedikasi yang tinggi. Sehingga nilai-nilai kepahlawanan dapat terus dimiliki oleh Wara sebagai Wanita TNI dalam pengabdian, menjaga dan mengawal eksistensi Ibu Pertiwi.

Seperti yang tercermin di dalam tema HUT ke-49 Wara tahun 2012 ini, “Dengan Dilandasi Keimanan dan Ketaqwaan, Wara Bertekad Meningkatkan Profesionalisme Guna Mewujudkan Reformasi Birokrasi dalam Rangka Mendukung Tugas TNI AU”.

Para peserta upacara terdiri dari peleton Purnawirawan, para Perwira Tinggi, Perwira Menengah, peleton Perwira Pertama, Bintara, Tamtama, peleton Wara, PNS serta Ibu-ibu PIA Ardhya Garini dari wilayah Ibukota Jakarta.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel