TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

ZIARAH “MENGENANG KEMBALI JASA I GUSTI NGURAH RAI”

By 10 Apr 2014Berita
IndonesianAF 1

Pada paska perang kemerdekaan Indonesia, Puputan Margarana merupakan salah satu pertempuran heroik yang dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai dalam melawan agresi militer Belanda atas kemenangannya melawan Jepang yang terjadi pada 20 November 1946 di wilayah Tabanan.

Untuk merebut kembali wilayah kekuasaan yang telah direbut oleh Jepang, Belanda kembali mengirim pasukannya sehingga terjadi pertempuran di margarana yang mengakibatkan gugurnya seluruh pasukan yang dikomandoi oleh I Gusti Ngurah Rai. Perang ini kemudian dikenang sebagai “Puputan Margarana” yang berarti perang habis-habisan yang rela berkorban sampai mati demi menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Dengan mengenang jasa I Gusti Ngurah Rai atas perang Puputan Margarana, dalam rangka HUT TNI AU ke-68 Komandan Lanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Sugiharto Prapto W., memimpin rombongan ziarah personel Lanud Ngurah Rai ke Taman Makam Pahlawan Pujaan Bangsa Margarana, Tabanan, tempat dimana I Gusti Ngurah Rai dan para kesuma bangsa berperang sampai titik darah penghabisan yang kemudian dikebumikan di tempat yang sama. Ziarah juga diikuti oleh Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 5 Daerah II Lanud Ngurah Rai beserata pengurus. Selas, (8/4).

Setelah pelaksanaan Upacara Ziarah selanjutnya, Danlanud Ngurah Rai beserta seluruh personel yang mengikuti upacara tersebut mengunjungi situs sejarah Perjuangan Taman Pujaan Bangsa Margarana yang masih berada di sekitar area pemakaman yang didalamnya terdapat site plan pertempuran puputan margarana serta benda – benda sejarah lainnya bukti perjuangan para kusuma bangsa tersebut.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

ZIARAH "MENGENANG KEMBALI JASA I GUSTI NGURAH RAI"