Berita

Ziarah Nasional Peringatan hari Pahlawan di Yogyakarta

Dibaca: 15 Oleh 12 Nov 2012Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Seperti tahun-tahun sebelumnya peringatan hari pahlawan selalu diisi dengan rangkaian Apel Kehormatan dan Renungan suci (AKRS), Upacara Hari Pahlawan serta ziarah ke Taman Makam pahlawan. Namun yang terjadi di Yogyakarta, untuk tahun ini ada sedikit yang berbeda, yaitu para legiun Veteran yang hadir pada saat Upacara dan Ziarah Kemarin, Sabtu, (10/11) cukup banyak. Dan Upacara peringatanpun dilaksanakan di Alun-alun Utara, seperti dulu saat peringatan hari Pahlawan pertama kali di gelar.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Abdul Muis yang bertindak sebagai irup saat Ziarah nasional terlihat amat terharu, saat memimpin upacara kali ini. Ziarah yang dilaksanakan di TMP Kusuma negara Yogyakarta, berlangsung mulai pukul 9 pagi dan berakhir pukul 10 pagi. Hadir dalam upacara hari pahlawan ini Komandan Korem 072/Pmk Brigjend Adi Widjaja, Kapolda DIY Brigjend Pol Sabar Rahardjo, serta diikuti Yonif 403/Wp, Kodim 0734/Yka, Lanud Adi, Brimod Polda DIY, Polresta, Menwa, Satpol PP, Mahasiswa UIN, STPN,UST, Pramuka, Paskibraka. Dan Legiun Veteran.

Baca juga:  PIA Lanud Sultan Hasanuddin Isi Ramadhan Dengan Tadarusan

Setelah upacara selesai Pentak Adisutjipto sempat menanyakan kepada para pejuang (baca) Legiun Veteran “apa kesan setelah mengikuti upacara Ziarah ini”? “Saya sungguh terharu dan sekaligus agak ngeri melihat kondisi bangsa ini yang sekarang ini mudah tersulut emosi karena hal-hal kecil. Saya ingin bangsa Indonesia ini aman dan tentram dan kesetiakawanan selalu terjaga” jelasnya Surasno (legiun Veteran) saat mengikuti ziarah.

Prosesi ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan penempatan karangan bunga oleh pimpinan ziarah. Setelah upacara penghormatan kepada arwah pahlawan selesai, acara dilanjutkan dengan tabur bunga ke setiap pusara.

Menjelang tanggal 10 Nopember, tadi malam juga dilaksanakan apel kehormatan dan renungan suci, oleh seluruh komponen di Yogyakarta, bertindak sebagai irup Kapolda DIY, Brigjend Sabar Rahardjo dan dihadiri oleh sejumlah pejabat muspida DIY serta legiun Veteran Yogyakarta.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel