Pengunjung Website
Hari Ini: 20,945
Minggu Ini: 172,333
Bulan Ini: 148,688
|
Jumlah Pengunjung: 6,647,446

AAU Bekali Taruna Critical Thinking

Konsep Otomatis

TNI AU. Lembaga Akademi Angkatan Udara (AAU), senantiasa terus berupaya membekali berbagai kemampuan kepada anak didiknya (Taruna). Sebagai Calon-calon pemimpin masa depan para Karbol (Taruna AAU) harus mampu berpikir kritis sehingga mampu memberikan solusi (problem solving) terhadap setiap permasalahan yang muncul dalam masa kepemimpinannya. Sejalan dengan itu, pagi ini, Senin (26/6/2023) AAU menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum tentang "Critical Thinking" yang diampu oleh Dr. Sugiyanto, S.Sos., M.M kepada Taruna Akademi Angkatan Udara.

Konsep Otomatis

Bertempat di Gedung Sabang Merauke, kegiatan kuliah umum diawali dengan laporan Danwingkor Taruna kepada Gubernur AAU, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dibuka dengan sambutan Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Wayan Superman.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur AAU menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum pada pagi hari ini secara khusus diberikan untuk membekali para Karbol yang nanti akan menjadi pemimpin di satuannya, sehingga harus memiliki berbagai bekal kemampuan, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis dengan tujuan agar berhasil membawa satuan yang dipimpinnya semakin maju.

Konsep Otomatis

Pada kegiatan kuliah umum hari ini, Dr. Sugiyanto memberikan materi tentang gaya berfikir, komponen keilmuan, science, scientific research.

Dijelaskan oleh pemateri bahwa dalam Berfikir Kritis (Critical Thinking) perlu memperhatikan tempat yang tepat, waktu yang pas dengan kondisi yang sesuai.

"Pemikir kritis memiliki disposisi dan kemampuan yang mengarahkan dirinya untuk berpikir kritis pada saat yang tepat," jelas Dr. Sugiyanto.

Konsep Otomatis

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam berfikir kritis, berdasarkan perkembangan filsafat terdapat 3 model, pertama prapositivisme, kedua positivisme dan terakhir Postpositivisme.

Kegiatan kuliah umum diakhir dengan tanya jawab oleh para Karbol kepada pemateri dan ditutup dengan penyerahan cinderamata dari Gubernur AAU kepada Dr. Sugiyanto.

Hadir pada kegiatan kuliah umum, Direktur Pendidikan AAU Kolonel Pnb Moh. Apom, S.T., MPA., Direktur Administrasi AAU Kolonel Adm Adang Sudrajat, S.Sos., M.M., Direktur Pengkajian AAU Kolonel Pas Ari Ismanto, Danwingtar AAU Kolonel Pnb Hilman Zaeni, M.Han, para pejabat AAU, para pengasuh dan Taruna AAU.