Pengunjung Website
Hari Ini: 6,299
Minggu Ini: 30,469
Bulan Ini: 1,013,395
|
Jumlah Pengunjung: 4,874,799

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Lanud Atang Sendjaja dan BNN Kabupaten Bogor Laksanakan Tes Narkoba terhadap Prajurit dan PNS

TNI AU. Lanud Atang Sendjaja (Ats). Seusai pelaksanaan upacara bendera mingguan, Senin (4/9/2023), Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsekal Pertama TNI M. Taufiq Arasj, S.Sos., melaksanakan tes narkoba pada segenap personel Lanud Atang Sendjaja, baik Militer maupun PNS. Kegiatan yang bersifat mendadak ini dilakukan melalui pengambilan sampel dan pemeriksaan kandungan narkoba pada urine yang dilaksanakan oleh Lanud Atang Sendjaja bekerjasama dengan BNN Kabupaten Bogor.

Komandan Lanud Atang Sendjaja menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Pimpinan TNI untuk meningkatkan disiplin dan mencegah terjadinya pelanggaran Hukum.

"Kita laksanakan pengecekan seluruh personel termasuk Sopir, ADC, pengawal, BKO di kediaman pejabat, penjaga mess, penunggu rumah jabatan, termasuk prajurit yang sedang melaksanakan dinas luar, serentak dengan berkoordinasi Rumah Sakit TNI AU setempat,” ujarnya.

Tes urine merupakan salah satu upaya pencegahan atau tindakan preventif terhadap penyalahgunaan narkoba, harapannya tidak ditemukan pelanggaran, namun bila ada yang positif menggunakan obat terlarang tersebut, maka akan ditindaklajuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bogor, AKBP Renny Puspita sangat mendukung kegiatan deteksi dini yg dilakukan Komandan Lanud Atang Sandjaja kepada seluruh anggotanya, karena hal ini menurutnya, sesuai Instruksi Presiden RI Bapak Ir H Joko Widodo, tentang Rencana Aksi Nasional P4GN. P4GN, serunya, merupakan singkatan dari Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika.

"Inisiatif Komandan Lanud Atang Senjaya sangat positif dalam deteksi dini sesuai dengan Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Pasal 104 Tentang Peran Serta Masyarakat, Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Rencana Aksi Nasional P4GN dan Prekursor Narkotika, dan Peraturan BNN Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Pelaksanaan Tes Urine Narkotika Untuk Deteksi Dini, dan ini merupakan terbanyak dalam pelaksanaan test narkoba di Kab dan Kota Bogor," ujar Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bogor .

Pada kesempatan tersebut Komandan Lanud Atang Sendjaja ikut melaksanakan tes urine dan turun langsung mengawasi proses pemeriksaan urine personel Lanud Atang Sendjaja.