Pengunjung Website
Hari Ini: 10,041
Minggu Ini: 34,199
Bulan Ini: 1,017,121
|
Jumlah Pengunjung: 4,878,524

Babinpotdirga Lanud Iskandar Sigap Bantu Warga Terdampak Banjir

TNI AU. Lanud iskandar mengambil peran Tugas OMSP (Operasi Militer Selain Perang) yang diwujudkan melalui tugas Babinpotdirga yang turun secara langsung di lapangan, untuk membantu warga terdampak banjir di sekitar aliran Sungai Arut, lebih tepatnya RT. 26, RT. 18, RT. 07, Kel. Baru, Kec. Arut Selatan, Kotawaringin Barat, Kalteng, Rabu (1/4/2024)

Para Babinpotdirga yang kesehariannya ditugaskan dari Lanud Iskandar untuk bersinergi dengan aparat teritorial lainnya, bersama dengan warga siap membantu di wilayah Kotawaringin Barat. Untuk daerah terdampak saat ini merupakan teritorial Babinpotdirga Sertu Guntur Priyo. 

Personel Babinpotdirga telah melaksanakan peninjauan serta pendataan kondisi sosial dan lingkungan secara kontinu selama banjir. Kondisi saat ini beberapa rumah warga mulai digenangi air luapan dari Sungai Arut dengan ketinggian air bervariasi hingga 50 cm yang disebabkan meningkatnya debit air karena curah hujan.

“Babinpotdirga berupaya membantu memperbaiki sampan dan membuat panggung darurat di dalam rumah untuk menyimpan harta benda sekaligus tempat beristirahat. Demi keamanan wargapun dihimbau penggunaan dan perhatikan jalur kelistrikan di lingkungan rumah,” ucap Danlanud.

Lanud Iskandar siap membantu warga apabila banjir semakin tinggi. Komunikasi dan koordinasi Babinpotdirga dengan aparat lainnya dilaksanakan secara kontinu. Sebagai langkah antisipasi rencana pihak Kel Baru menyiapkan tempat pengungsian bagi warga.