Pengunjung Website
Hari Ini: 6,061
Minggu Ini: 30,229
Bulan Ini: 1,013,157
|
Jumlah Pengunjung: 4,874,562

Crash Team Lanud Supadio Semakin Profesional dan Cepat Tanggap dalam Pelaksanaan Tugas

TNI AU.   Pen-Supadio-Kubu Raya. Lanud Supadio menggelar Latihan Crash Team Semester I Tahun Anggaran 2024 bertujuan melatih kesiapsiagaan dan kemampuan serta keterampilan personel crash team dalam menanggulangi kondisi emergency yang mungkin terjadi di lingkungan Lanud Supadio, Kubu Raya, Selasa (6/2/2024).

Menurut Kadisops Lanud Supadio Letkol Pnb I Gusti Ngurah Adi Brata mengatakan latihan crash team ini juga untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman serta melatih personel satuan jajaran yang ada di Lanud Supadio dan Insub terhadap pelaksanaan pemadaman kebakaran dan cara penyelamatan awak pesawat secara terintegrasi.

“Diharapkan personel yang tergabung dalam latihan crash team  Lanud Supadio semakin  profesional dan quick response dalam pelaksanaan tugas kedepan,” ujar Kadisops.

Sementara pada kesempatan yang sama Kasiopslat Lanud Supadio Mayor Pnb Dedi Andres Saputra  selaku Komandan Latihan  menambahkan  bahwa latihan crash team  kali ini  bertujuan tercapainya koordinasi yang terpadu pada setiap unsur yang terlibat dalam menanggulangi incident maupun accident pesawat sehingga selalu dalam kondisi siap dalam pelaksanaan tugas.

Diskenariokan dengan dua simulasi kejadian, pertama pesawat Hawk 100  dari Skadud 1 yang sedang dalam misi latihan terjadi bounching saat landing sehingga touch down setelah  setengah landasan, dragchute  tidak mengembang  sehingga pilot melaksanakan  maksimum brake mengakibatkan ban pecah  dan pesawat keluar landasan  mengakibatkan satu  Pilot harus eject dari pesawat dan satu pilot masih di cockpit, sementara simulasi kedua, pesawat PTTA Skadud 51  diskenariokan mengalami  emergency  dan melaksanakan  force landing, sesaat setelah mendarat pesawat  mengalami bounching dan keluar dari runway maka, dengan sigap dan cekatan crash team Lanud Supadio yang terdiri dari unsur Skadron Udara 1, Skadron Udara 51, Baseops, Pemadam Kebakaran (PK), Satpomau, Kopasgat, Intelijen, tim kesehatan dari RSAU dr. M. Sutomo, Lambangja serta pendukung lainnya langsung bertindak sesuai dengan tugas dan prosedur masing-masing.

Crash team Lanud Supadio dengan sigap langsung menanggulangi dan mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan segera mengevakuasi pilot ke RSAU dr. M. Sutomo guna diberikan pertolongan lebih lanjut.