Pengunjung Website
Hari Ini: 13,306
Minggu Ini: 79,943
Bulan Ini: 834,894
|
Jumlah Pengunjung: 6,009,431

Gelar Seminar, Pasis Sekkau A-114 Bahas Konsepsi Air Operation Center (AOC) Sebagai Pusat Kogasudgab

Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara (Sekkau) angkatan ke-114 menggelar Seminar di Gedung Pramanasala, Sekkau, Jakarta, Rabu (1/11/23).

Seminar yang dibuka secara resmi oleh Komandan Kodiklatau, Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., ini mengangkat judul “Konsepsi Air Operation Center (AOC) Sebagai Pusat Komando dan Kendali Operasi Udara Gabungan”.

Sebagai Keynote Speaker, Komandan Kodiklatau mengatakan bahwa pentingnya operasi udara gabungan terletak pada kemampuannya untuk memberikan dukungan yang efektif kepada pasukan darat dan laut dalam mencapai tujuan strategis.

”Dalam operasi udara gabungan, koordinasi antara berbagai cabang militer dan aset udara yang berbeda menjadi kunci” ujar Komandan Kodiklatau.

Lebih lanjut, Komandan Kodiklatau mengatakan tujuan dibentuknya Air Operation Center yaitu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasi udara gabungan serta akan menjadi pusat integrasi dan koordinasi semua unsur operasi udara, baik dari TNI AU maupun dari unsur-unsur lainnya yang dapat mengakomodir karakteristik penggunaan kekuatan udara, interoperabilitas TNI dan Airmindedness dengan optimal.

Sementara itu, Komandan Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara, Marsma TNI Ali Gusman, S.T., M.M., dalam sambutannya berharap kegiatan seminar ini dapat dapat menjadi media untuk memperluas wawasan serta memberikan kontribusi positif, dalam upaya mewujudkan konsepsi Air Operation Center (AOC) sebagai pusat komando dan kendali operasi udara gabungan.

Seminar ini menghadirkan berbagai narasumber seperti Waaskomlek Kasau Marsma TNI Ir. Teguh Dharmawan, M.T., Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adi Sutjipto, Marsma TNI Asst. Prof. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, Asean Eng., ACPE., dan Kolonel Pnb Muchtadi Anjar Legowo.