Pengunjung Website
Hari Ini: 18,558
Minggu Ini: 42,724
Bulan Ini: 1,025,652
|
Jumlah Pengunjung: 4,887,057

Jabatan Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Berganti

TNI AU. Marsekal Pertama TNI Bonang Bayuaji Gautama, S.E., M.M., dipercaya menjabat sebagai Komandan Lanud Sultan Hasanuddin menggantikan pendahulunya Marsekal Pertama TNI Benny Arfan, M.MP., MMDS., MSS., Senin (23/10/2023).

Pergantian pejabat ini berdasarkan pada Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1127/X/2023 tanggal 2 Oktober 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Penunjukan Marsekal Pertama TNI Bonang Bayuaji Gautama, S.E., M.M., merupakan salah satu upaya TNI dalam rangka pembinaan karier dan pemenuhan jabatan sesuai kebutuhan organisasi untuk mendukung tugas pokok TNI Angkatan Udara dalam menjaga kedaulatan wilayah udara Nasional.

Sebagai orang nomor satu di Lanud Sultan Hasanuddin, lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1995 tersebut memiliki berbagai prestasi yang membanggakan. Salah satunya tercatat pernah bertugas untuk pasukan perdamaian sebagai Logistic Operation Staff JLOG UNIFIL Lebanon pada tahun 2008.

Perwira Tinggi TNI AU kelahiran Magelang, Jawa Tengah ini, juga mempunyai riwayat penugasan yang lengkap. Memegang jabatan komando telah beberapa kali dilakukannya. Seperti menjadi Komandan Skadron Pendidikan 101 Wing Pendidikan Terbang Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta, pada tahun 2011.

Kemudian pada tahun 2016, dirinya kembali dipercaya untuk mengemban tugas komando sebagai Komandan Wing Pendidikan Terbang Lanud Adi Sutjipto. Lalu pada tahun 2019, atas kepiawaian Penerbang yang mengawali kariernya di Skadron Udara 5 ini dilantik sebagai Komandan Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat.

Pemilik Bintang Yudha Dharma Nararya dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya ini juga pernah menjabat sebagai Panglima Kosekhanudnas IV yang saat ini bernama Kosek III, Biak, Papua. Dilanjutkan menjadi Komandan Detasemen Markas Mabes TNI dipertengahan 2022. Selain itu, kariernya dibidang kependidikan juga berlanjut saat ditunjuk sebagai Komandan Korsis Sesko TNI.

Kini dengan jabatannya sebagai Komandan Lanud Sultan Hasanuddin dan berbagai pengalamannya dalam memimpin, Marsekal Pertama TNI Bonang Bayuaji Gautama, S.E., M.M., akan dapat mengemban tugas dalam menyiapkan dan melaksanakan pembinaan dan pengoperasian seluruh satuan dalam jajarannya, pemberdayaan wilayah pertahanan udara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan lainnya secara optimal.

Sementara itu, Marsekal Pertama TNI Benny Arfan, M.MP., MMDS., MSS., yang digantikannya telah melanjutkan penugasan sebagai Kepala Pusat Kerjasama Internasional TNI yang merupakan badan pelaksana pusat dengan tugas pokok untuk membantu Panglima TNI dalam menyinkronkan pelaksanaan kerjasama Internasional yang dilakukan oleh TNI.