Pengunjung Website
Hari Ini: 4,180
Minggu Ini: 400,493
Bulan Ini: 931,426
|
Jumlah Pengunjung: 4,792,830

Jelang HUT Ke-78 TNI AU, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Pererat TNI AU dengan Masyarakat Melalui Bakti Sosial

TNI AU. RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito menyelenggarakan rangkaian kegiatan bakti sosial dalam rangka peringatan HUT ke-78 TNI AU yang jatuh pada 9 April 2024 mendatang.Kamis (29/02/24). Acara ini berlangsung di Gedung Elisa Manueke RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dan dihadiri oleh para pejabat RSPAU, 

Gubernur AAU yang diwakili oleh Dirjian AAU, Danlanud Adisutjipto yang diwakili oleh Kadispers Lanud Adisutjipto, perwakilan Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto, ketua PIA Ardhya Garini Cabang BS AAU beserta pengurus, ketua PIA Ardhya Garini Cabang 2 Gabungan Kodiklatau Lanud Adisitjipto beserta pengurus, serta Ketua PIA Ardhya Garini Anak Ranting 001-05-3 RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito beserta pengurus dan tamu undangan lainnya.

Adapun susunan acara pada kegiatan tersebut adalah pembukaan, sambutan Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, dilanjutkan penyerahan secara simbolis sembako dan tali asih kepada para peserta baksos kesehatan, kemudian pembacaan doa, penutup, dan dilanjutkan peninjauan para pejabat ke spot kegiatan baksos kesehatan. Kegiatan bakti sosial kali ini meliputi pemeriksaan mata, pembagian kacamata, operasi katarak, pemeriksaan gigi, donor darah, papsmear, pembagian sembako, sunatan massal, dan ceramah kesehatan. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan kesehatan masyarakat D.I Yogyakarta dan sekitarnya.

Dalam sambutan Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito yang dibacakan oleh Waka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Kolonel Kes dr. Eka Poedjihartanto, Sp.K.F.R. AIFO.,
M.M., menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk komitmen dan kepedulian TNI Angkatan Udara melalui RSPAU dalam memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Melalui layanan kesehatan yang disediakan, RSPAU bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat serta membangun keakraban antara TNI Angkatan Udara dengan masyarakat di sekitar. “Kegiatan ini bukan hanya sebagai bentuk pelayanan kesehatan berkualitas dan
merata kepada masyarakat yang membutuhkan, tetapi juga sebagai media untuk membangun semangat keberpihakan TNI Angkatan Udara terhadap masyarakat yang membutuhkan,” tambah Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito.

Sementara itu, seiring dengan tema peringatan HUT ke-78 TNI Angkatan Udara, yakni "TNI AU yang Disegani di Kawasan Siaga Senantiasa Mengamankan Kedaulatan Wilayah Udara Nasional untuk Indonesia Maju," kegiatan bakti sosial ini mencerminkan komitmen TNI Angkatan Udara dalam menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah udara Indonesia. Hal ini tidak hanya melalui aspek pertahanan, tetapi juga melalui pemberian kontribusi positif kepada masyarakat. Kegiatan bakti sosial yang meliputi pembagian sembako kepada masyarakat sebanyak 100 paket Sembako dan pelaksanaan bakti sosial Kesehatan Operasi katarak bertempat di ruang operasi Departemen Mata RSPAU dengan total peserta 20 orang, yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 & 27 Februari 2024. Kemudian ceramah kesehatan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2024 di ruang Garuda Satu RSPAU dengan mengususng tema "Tetap Sehat dan Harmonis Menjelang Menopause”. Sementara itu, sunatan massal diadakan di Gedung Elisa Manueke dan diikuti oleh 25 peserta. Donor darah, yang bekerjasama dengan PMI DIY, melibatkan 150 peserta, dimana seluruh kantong darah yang terkumpul akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI DIY. Dalam kegiatan tersebut, tim medis RSPAU melaksanakan pemeriksaan gigi untuk 50 peserta. Selain itu lebih dari 120 peserta kegiatan bakti sosial kesehatan juga menjalani pemeriksaan mata dan menerima pembagian kacamata, hal ini memberikan manfaat langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Adapun untuk pemeriksaan papsmear akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2024 bertempat di poli Obsgyn RSPAU dengan target 100 peserta.

Ditemui dilokasi kegiatan, ketua panitia kegiatan Kabiddukkes RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Kolonel Kes dr. Joko Saptono, Sp. An, FIP., menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial ini. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat dan prajurit TNI AU, menumbuhkan semangat rasa solidaritas, dan menguatkan jiwa gotong royong bahwa TNI AU adalah bagian dari Masyarakat. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat dan memperkuat keterlibatan TNI Angkatan Udara dalam kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara.