Pengunjung Website
Hari Ini: 1,503
Minggu Ini: 53,772
Bulan Ini: 501,047
|
Jumlah Pengunjung: 6,999,805

Kasau Resmikan Relokasi Monumen Pesawat A-4 Skyhawk di Lanud Pangeran M. Bun Yamin

TNI AU.  Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., meresmikan relokasi monumen pesawat A-4 Skyhawk di Lanud Pangeran M. Bun Yamin, Astra Ksetra, Menggala, Tulang Bawang, Lampung. Selasa, (11/6/2024).

Kasau pada kesempatan tersebut, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Komandan Lanud Pangeran M. Bun Yamin Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto atas upaya dalam merelokasi pesawat A4 Skyhawk ke Lanud Pangeran M.Bun Yamin.

"Terima kasih Komandan dan Bapak Bupati Tulang Bawang yang telah bekerja keras mengembalikan pesawat A4 Skyhawk ke Lanud Pangeran M. Bun Yamin sehingga pesawat ini dapat lebih terawat dan menjadi simbol kebanggaan bagi masyarakat Lampung dan TNI AU," ujar Kasau.

Pesawat A-4 Skyhawk dengan tail number TL-0418 merupakan pesawat berkursi ganda pesawat ini dibawa dari Skadron Udara 11 Makassar dengan pesawat Hercules TNI AU serta dirakit kembali oleh Tim Banharlap Skadron Teknik 044 Makassar di kantor Pemda Tuba dan diresmikan pada tanggal 18 Mei 2011 oleh Pangkoopsau I Marsda TNI (Purn) Dede Rusamsi.

Seiring berjalanya waktu, keberadaan monumen pesawat A4 Skyhawk tersebut menjadi tidak terawat dan ditumbuhi Alang-alang melalui inisiasi Danlanud BNY merelokasi monumen pesawat A-4 Skyhawk dari Pemda Tuba ke taman Lanud Pangeran M. Bun Yamin guna memudahkan perawatan dan menjadi sarana edukasi kedirgantaraan.