Pengunjung Website
Hari Ini: 3,937
Minggu Ini: 56,206
Bulan Ini: 503,481
|
Jumlah Pengunjung: 7,002,239

Lanud Atang Sendjaja Gelar Shalat Idul Adha 1445 H/2024 M dan Penyembelihan Hewan Kurban

TNI AU.  Dalam rangka merayakan Idul Adha 1445 Hijriyah/2024 Masehi, Lanud Atang Sendjaja menggelar shalat Idul Adha di Lapangan Elang Bondol Lanud Atang Sendjaja Bogor yang diikuti oleh warga Lanud Atang Sendjaja dan masyarakat. Senin, (17/6/2024).

Adapun tema peringatan Idul Adha 1445 Hijriyah/2024 Masehi adalah "Semangat berkurban untuk ketaatan dan kepedulian kepada sesama". Sedangkan bertindak selaku Imam dan Khatib shalat Idul Adha kali ini Ustadz Agus Maulana.

Dalam sambutan Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI J.H. Ginting yang dibacakan Kepala Dinas Operasi Lanud Atang Sendjaja Kolonel Pnb Betya Lukman Madyana, S.E., M.Han., mengatakan Idul Adha merupakan momen yang penuh berkah, kita diberikan kesempatan untuk merenung, berintrospeksi, dan mempererat tali persaudaraan dengan sesama.

Dalam konteks sosial yang semakin kompleks, semangat berkurban haruslah menginspirasi kita untuk lebih peduli terhadap kondisi sesama, terutama kepada yang kurang mampu. Melalui berkurban, kita dapat membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan, memberikan kebahagiaan kepada yang sedang berduka, dan menyebarkan kasih sayang kepada yang terpinggirkan.

Oleh karena itu, mari kita jadikan momen Idul Adha kali ini sebagai momentum untuk memperkokoh iman, meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT, serta menunjukkan kepedulian kita kepada sesama, ujarnya.

Sedangkan Ustadz Agus Maulana  menjelaskan dalam khutbahnya mengenang kisah Nabi Ibrahim As yang dengan penuh keimanan dan keteguhan hati, siap untuk mengorbankan yang paling berharga baginya, yaitu putranya Ismail As, atas perintah Allah SWT. Kesediaan Nabi Ibrahim As untuk berkurban menunjukkan ketaatannya yang luar biasa kepada sang pencipta.

Selain untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, kurban ini juga bisa sebagai sarana untuk menyantuni kaum yang kekurangan.

"Hal ini dikarenakan ibadah kurban mengandungi nilai keteguhan dan keimanan dan bukti pengorbanan yang dipenuhi rasa ikhlas dan sabar," katanya.

Dalam peringatan Idul Qurban, Ketua Panitia Lanud Atang Sendjaja, Letkol Sus H.Safrin Nasution, S.Ag., berhasil mengumpulkan hewan qurban sebanyak 11 ekor sapi dan 66 ekor kambing .

"Selanjutnya disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima sesuai dengan syariat yang berlaku," tuturnya.

Adapun penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di halaman Masjid Ajnihatul Wathoni Lanud Atang Sendjaja.