Pengunjung Website
Hari Ini: 4,283
Minggu Ini: 32,173
Bulan Ini: 195,017
|
Jumlah Pengunjung: 4,056,422

Lanud Roesmin Nurjadin, Pangkalan Penyiap dan Pendukung Latihan BFI TNI AU-RSAF

TNI Angkatan Udara menggelar latihan bersama dengan Republic of Singapore Air Force (RSAF) selama satu minggu pada 17-23 April 2024. Dalam latihan bersandi Bilateral Fighter Interaction (BFI) ini Mabesau menugaskan Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin sebagai penyiap dan pendukung latihan bersama ini.
Manuver udara atau atau Air Maneuver Exercise Bilateral Fighter Interaction (AMX BFI) ke-12 tahun 2024 antara TNI Angkatan Udara dengan RSAF mengambil area latihan di Joint Training Area Lanud Roesmin Nurjadin.
Sebagai pelaku AMX BFI 12/24 adalah penerbang Skadron Udara 3, Skadron Udara 14 Wing Udara 3 Lanud Iswajudi dan penerbang Skadron Udara 16 Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin.
Dalam AMX BFI 12/24 dilaksanakan beberapa program latihan diantaranya latihan Air to Air Refuelling dimana pesawat F -16 TNI AU akan melaksanakan pengisian bahan bakar di udara dengan pesawat A-330 Multi Role Tangker Transport RSAF, kemudian latihan Mission Tactical Intercept dan Basic Fighter Maneuver.
Komandan Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Adhi Safarul Akbar yang ditunjuk sebagai Direktur Latihan dalam latihan ini mengatakan, latihan ini digelar untuk mengasah kemampuan para penerbang tempur F -16 TNI AU dalam melaksanakan Air to Air Refuelling dan kemampuan taktikal lainnya.
"Latihan ini sebagai wadah bagi penerbang TNI AU khususnya penerbang F -16 untuk mengasah dan meningkatkan profesionalismenya salah satunya dalam melaksanakan latihan Air to Air Refuelling serta latihan taktikal lainnya," jelas Danwing Udara 6.
Ditambahkan Danwing Udara 6, pelaksanaan Air to Air Refuelling diperlukan saling percaya yang tinggi baik dari pesawat tanker maupun pesawat yang diisi, disinilah bukti kerjasama TNI AU dan RSAF sangatlah baik, sehingga misi ini bisa terlaksana.