Pengunjung Website
Hari Ini: 6,617
Minggu Ini: 30,777
Bulan Ini: 1,013,704
|
Jumlah Pengunjung: 4,875,108

Lanud Sugiri Sukani Kerahkan Personel PHH, Ikuti Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat.

TNI AU. Pangkalan TNI Angkatan Udara Sugiri Sukani, Jalan Gandawesi, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka Kerahkan personel PHH (Pasukan Huru Hara) dalam rangka mengikuti latihan penanggulangan keadaan darurat Airport Emergency Exercise, Airport Contigency Exercise dan Emergency Respose Exercise berlangsung di perkantoran PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Rabu (31/1/2024)

Adapun unsur pendukung Latihan Airport Emergency melibatkan instansi TNI-Polri, SAR, Dinas Kesehatan, Avsec Bandara, PKP-PK (Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam kebakaran) Bandara Kertajati dan Imigrasi. Ketua pelaksana Latihan Airport Emergency Bapak Nuril Huda sebagai EGM OF Bandara Internasional Jawa Barat. Tema dalam skenario latihan tersebut adalah "Unjuk Rasa dan Sabotase yang Mengakibatkan Kebakaran Pesawat dan Garbarata Terminal." 

Dari hasil temuan dinilai telah jelas adanya indikasi tindakan melawan hukum berupa aksi massa di Bandara yang berpotensi mengganggu keamanan penerbangan sehingga Executive General Manager menetapkan kondisi rawan (kuning) dan mengaktifkan pusat operasi darurat (Emergency Operation Center/EOC). Executive General Manager berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Resort Majalengka untuk mengupayakan langkah-langkah mitigasi yang diperlukan, dengan skenario tersebut terjadilah koordinasi antar pimpinan sesuai dengan rantai komando, sehingga Anggota Polres Majalengka bersama-sama personel PHH Lanud Sugiri Sukani, TNI AD, dan petugas Airport Security melakukan pengamanan untuk membubarkan massa.

Latihan ini untuk menguji kesigapan dan kesiapan fasilitas maupun SDM untuk saling berkordinasi agar ketika terjadi kejadian sesungguhnya maka komunikasi tim sudah siap, kesiapan dan ketanggapan dalam merespon keadaan darurat yang dapat terjadi kapan saja, ketepatan prosedur mengingat keselamatan dan keamanan para pengguna jasa Bandara Kertajati. 

Latihan penanggulangan keadaan darurat Airport Emergency Exercise dihadiri oleh, Direktur PT BIJB Bapak Muhammad Singgih, Kabid keamanan kantor Otban I Bandara Soekarno Hatta, Bapak M Yuliawan, Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf Dudy Pilianto, S.Pd., M.I.P, Komandan Lanud Sugiri Sukani Mayor Pnb Fariana Dewi Djakaria Putri, Kapolres Majalengka diwakili Kabagops Kompol Jaja Gardaja dan seluruh jajaran instansi terkait.