Pengunjung Website
Hari Ini: 6,104
Minggu Ini: 30,274
Bulan Ini: 1,013,202
|
Jumlah Pengunjung: 4,874,607

Lanud Supadio Gelar Latihan Alap Gesit Tahun 2024

TNI AU. Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio menggelar Latihan Alap Gesit Tahun 2024. Latihan Alap Gesit merupakan latihan tingkat satuan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan personel dalam berbagai situasai dan keadaan.   

Latihan ini dibuka oleh Komandan Wing 7 Kolonel Pnb Agung Indrajaya, M.Sc mewakili Komandan Lanud Supadio Marsma TNI Reka Budiarsa di Main Apron Hanggar Lanud Supadio, Kab. Kubu Raya, Kalbar pada Senin 4 Maret 2024.   Pembukaan latihan ditandai dengan penyematan pita tanda latihan oleh Danwing 7 selaku Direktur Latihan (Dirlat) kepada perwakilan peserta dan pendukung latihan.   Turut hadir para Kepala Dinas (Kadis), para Komandan Satuan (Dansat), serta para peserta latihan dijajaran Lanud Supadio, Yonko 465 Pasgat dan Denhanud 473 Pasgat.

Danlanud Supadio dalam sambutannya yang dibacakan Danwing 7 mengatakan latihan Alap Gesit ini merupakan latihan yang sangat penting bagi seluruh prajurit di jajaran Lanud Supadio dan Insub,  karena  latihan  ini   merupakan perwujudan dari upaya pemantapan ketrampilan dan  profesionalisme, baik secara  perorangan yang bertujuan untuk kesiapan Lanud Supadio dalam mengemban tugas operasi.

”Latihan ini juga dapat meningkatkan profesionalisme baik untuk perorangan maupun bagi satuan kerja yang ada di Lanud Supadio.   Profesionalisme bukan hanya didapat dari pendidikan namun juga didapat dari latihan-latihan yang dilaksanakan secara berjenjang, bertahap, bertingkat dan berlanjut mulai latihan perorangan, satuan dan antar satuan,” jelas Danlanud.

Pada kesempatan ini Danlanud berharap kepada seluruh personel yang terlibat dalam latihan ini agar melaksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan doktrin, petunjuk dan prosedur yang berlaku disertai dengan disiplin dan tanggung jawab yang tinggi.

”Faktor yang sangat penting untuk diperhatikan adalah keselamatan terbang dan kerja. Sebab salah satu indikator keberhasilan suatu misi adalah tidak terjadi inccident maupun accident,” pungkas Danlanud.  

Latihan Alap Gesit berlangsung hingga 7 Maret 2024 dan dibagi menjadi dua tahap yaitu Gladi Posko dan Manuver Lapangan (Manlap).   Dalam latihan ini melibatkan beberapa unsur diantaranya adalah Sat Pespur (Skadud 1), Sat Pes Intai (Skadud 51), Sat Pes Heli (Skadud 8), Satgas Hanud (Denhanud 473 Pasgat), Satgas Dukops (Disops), Satgas Dukkes (RSAU. dr. M. Sutomo),  Satgas Info (Penerangan), Satgas Hukum dan Satgas Intel.