Pengunjung Website
Hari Ini: 5,033
Minggu Ini: 81,357
Bulan Ini: 528,631
|
Jumlah Pengunjung: 7,027,389

Lanud SUT Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H Dengan Ceramah dan Santunan Anak Yatim-piatu

TNI AU.  Lanud Sutan Sjahrir menggelar peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H/2024 M dengan ceramah Peringatan 1 Muharram 1446 H, dan santunan anak Yatim Piatu bertempat di Masjid Baitul Muttaqin Lanud Sutan Sjahrir, Padang. Rabu, (10/7/2024).

Adapun rangkaian kegiatan ditandai dengan pembacaan Ayat Suci Alqur'an, pemberian Santunan kepada Anak Yatim Piatu dan Ceramah tentang Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H.
Pada kesempatan tersebut Danlanud SUT Kolonel Nav Sani Salman Nuryadin yang di wakili oleh Kadispotdirga Lanud SUT, Letkol Sus Firdaus, S.Ag., M.M., dalam sambutannya menyampaikan, Tidak terasa kita telah memasuki tahun baru 1 muharam 1446 hijriah. Itu artinya hijrah Rasulullah SAW, beserta para sahabatnya ke madinah telah berumur 1446 tahun. Peristiwa tersebut mengandung makna, proses pencerahan dari sifat-sifat jahiliyah, menuju masyarakat beriman dan bertaqwa.
"kita dapat memaknai Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah ini, dengan perubahan yang bernilai dan bermanfaat." Pungkasnya
Lebih lanjut disampaikan Bahwa, Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H ini, dengan Perubahan yang bernilai ganda yang sesuai tema peringatan Tahun Baru Islam kali ini adalah, "Jadikan Semangat Muharram Untuk Perubahan Yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045."
Sementara itu, Bapak Ustaz Wardi Akmal Tuanku Malin Sati, S.Pd. selaku penceramah menjelaskan, dalam hadits dari Abu Bakrah RA, Rasulullah SAW bersabda,
"Zaman berputar seperti hari Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu terdiri dari 12 bulan, di antaranya 4 bulan Haram, tiga bulan berurutan, Zulkaidah, Zulhijjah, dan Muharram. Adapun Rajab yang juga merupakan bulannya kaum Mudhr, berada di antara Jumadil Akhir dan Sya'ban." (HR Bukhari Muslim)
Lebih lanjut dikatakan pula bahwa, Pahala dari ibadah yang dilakukan selama bulan Muharram akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, menjadikannya waktu yang sangat istimewa untuk memperbanyak amal ibadah. Dan tidak hanya pahala yang akan dilipatgandakan selama bulan Muharram, tetapi dosa yang dilakukan pada bulan ini juga akan berlipat ganda. Ini berarti bahwa setiap dosa, sekecil apapun, akan memiliki timbangan yang lebih berat dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.  
Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 14/D.I Lanud Sut Ny. Nonon Sani Salman Nuryadin beserta Pengurus, Para Kadis, Perwira, Bintara, dan Tamtama serta PNS.