Pengunjung Website
Hari Ini: 5,273
Minggu Ini: 57,541
Bulan Ini: 504,815
|
Jumlah Pengunjung: 7,003,573

Lanud Sutan Sjahrir Gelar Shalat Idul Adha 1445 H dan Penyembelihan Hewan Kurban

TNI AU. Komandan Lanud Sutan Sjahrir Kolonel Nav Sani Salman Nuryadin beserta keluarga dan seluruh  warga Lanud melaksanakan salat Idul Adha 1445 H/2024 M berjamaah bertempat di Masjid Baitul Muttaqin Lanud Sutan Sjahrir, Padang. Senin (17/6/2024).

Danlanud Sut dalam sambutannya mengatakan Idul Adha adalah sebuah hari besar yang sarat dengan makna pengorbanan dan ketaatan. Perayaan kita kali ini mengusung tema, "Semangat Berkurban untuk ketaatan dan kepedulian kepada sesama". Tema ini mengingatkan kita akan nilai-nilai fundamental yang diajarkan oleh peristiwa kurban, yaitu ketaatan kepada Allah SWT dan kepedulian kepada sesama manusia.

Marilah kita merenungkan kembali makna ketaatan dalam ibadah kurban. Peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim AS dan Putranya, Nabi Ismail AS mengajarkan kita tentang ketaatan yang total kepada perintah Allah SWT. Meski perintah tersebut sangat berat, Nabi Ibrahim AS tetap menjalankannya dengan penuh kepasrahan. Sikap ini seharusnya menjadi teladan bagi kita semua dalam menjalani kehidupan sehari-hari, bahwa ketaatan kepada Allah SWT adalah yang utama, diatas segala-galanya.

Lebih lanjut Danlanud menyampaikan, "Kepada panitia dan semua pihak yang telah membantu sehingga kegiatan ibadah ini bisa terlaksana dengan baik, saya juga ucapkan terimakasih. Semoga saudara-saudara dapat melaksanakan sholat Idul Adha ini dengan khusyuk dan khidmat, sehingga  benar-benar dapat menjadi orang yang bertaqwa," ujar Danlanud.

Adapun khotbah yang disampaikan Ustad Khairir, S.Pd., adalah Marilah Berqurban dan Makna dari qurban itu sendiri merupakan persembahan untuk Allah SWT. Sehingga tidak pantas jika pihak yang telah niat berqurban mencari keuntungan dari hewan yang sudah dipersembahkan tersebut. Rosulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barang siapa yang menjual kulit hewan kurbannya maka kurbannya tidak diterima”. Maka jelaslah hukumnya jika seseorang yang sudah berkurban tidak boleh menjual daging hingga kulit dari hewan yang telah dikurbankan.

Usai pelaksanaan Salat Ied, personel Lanud SUT melaksanakan penyembelihan hewan kurban di Lanud Sutan Sjahrir. Adapun sebanyak 7 ekor sapi dan 7 ekor kambing yang akan dikurbankan dan akan diberikan kepada seluruh warga Lanud Sutan Sjahrir dan sekitarnya.