Pengunjung Website
Hari Ini: 3,054
Minggu Ini: 411,392
Bulan Ini: 139,517
|
Jumlah Pengunjung: 4,000,922

Makna Doa Sapu Jagat dalam Kajian Islam di Masjid Amrullah Lanud Roesmin Nurjadin

TNI AU.  Seperti pada hari Rabu biasanya, sesuai dengan program Pembinaan Mental dan Ideologi Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, dilaksanakan kegiatan keagamaan. Bagi personel yang muslim dilaksanakan Salat Dhuha yang dilanjutkan siraman rohani  di Masjid Amrullah Lanud Roesmin Nurjadin.

Pada hari Rabu (24/4/2024) ini kajian diisi oleh Ustadz Muhammad Ridho yang menjelaskan makna doa sapu jagat. Doa yang berbunyi Rabbanaa, aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar ini selalu dipanjatkan seorang muslim diakhir doanya ini diawal kalimatnya ada kata fiddunya hasanah yang memiliki terjemahan kebaikan dunia.

Untuk dapat menerima kebaikan dunia ini, dijelaskan ustadz Mohammad Ridho ada lima syarat, apabila kelima syarat ini belum terpenuhi maka hidupnya belum khasanah. Syarat pertama adalah ma'rifatullah yakni upaya manusia untuk mengenal Allah.

"Kenal dan tahu ini beda, seorang yang belum kenal dengan Allah mustahil akan beribadah kepada Allah SWT, jadi hakekatnya orang-orang yang belum mau Shalat, orang-orang yang belum mau menjalankan perintah Allah SWT itu karena belum kenal Allah," jelas Ustadz.

Yang kedua untuk mendapat kebaikan dunia adalah Al Ilmudin, mempunyai lmu agama. Diibarakan ilmu itu bagaikan kompas ditengah lautan bagi seorang pelaut. Orang yang tak punya ilmu agama kehidupannya akan dipenuhi dengan nafsu, diatur oleh nafsu.

Diakhir kajian, ditutup dengan doa untuk kelancaran pelaksanaan tugas-tugas kedepan terutama pelaksanaan kegiatan terbang dan kerja, serta doa untuk kelancaran kegiatan Open Base 2024 yang akan digelar hari Minggu, 28 April 2024.