Pengunjung Website
Hari Ini: 18,274
Minggu Ini: 88,698
Bulan Ini: 65,044
|
Jumlah Pengunjung: 6,563,796

Manuver Lapangan Jalak Sakti Dan Trisula Perkasa Di Air Weapon Range (AWR) Lampung

TNI AU. Lampung. Manuver Lapangan Latihan Matra Udara II Jalak Sakti dan Trisula Perkasa Tahun Anggaran 2024 berlangsung di Air Weapon Range (AWR) Lampung Lanud M. Bun Yamin, Astra Ksetra, Menggala, Tulang Bawang, Lampung. Selasa (11/06/2024).

 

Jalak sakti merupakan Latihan puncak dari Komando Operasi Udara I, sedangkan Trisula Perkasa merupakan Latihan puncak Komando Pasukan Gerak Cepat. Latihan puncak tahunan ini melibatkan ratusan prajurit dari berbagai satuan Kopasgat dan Koopsud I beserta Alutsista yang dimiliki diantaranya pesawat Hawk 109/209, F16, C-130 Hercules, NAS-332, Boeing 737, CN 295 dan Helikopter Colibri EC-120 serta PL Super Puma, Kendaraan P6 ATAV, P2 Tiger, G FAC dan M3CS guna melatih dan menguji kemampuan siap operasi satuan dengan mengerahkan seluruh kemampuan tempur yang dimiliki baik prajurit maupun alutsistanya.

 

Dalam Manuver Lapangan Jalak Sakti dan Trisula Perkasa di Air Weapon Range (AWR) Lampung ini Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., didampingi Dankodiklatau Marsekal Madya TNI Dr. Arief Mustofa, M.M., Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, Kaskoopsudnas Marsekal Muda TNI Donald Kasenda, S.T., S.I.P., M.M., dan Dankopasgat Marsda TNI Yudi Bustami, S.Sos., hadir menyaksikan puncak latihan tersebut.

 

Tujuan dilaksanakannya Latihan tersebut adalah menguji doktrin yang sudah ditanamkan sekaligius melatih kesiapsiagaan opersional satuan. Doktrin yang dilatihkan mulai dari operasi udara dengan menggunakan pesawat tempur dengan menghancurkan objek strategis lawan, dog fight sampai dengan operasi khusus yang dilaksanakan Kopasgat seperti OP3U (Operasi Perebutan dan Pengoperasian Pangkalan Udara), Raid penghancuran, SAR tempur, Pertahanan udara, dan Pembebasan tawanan. penkopasgat