Pengunjung Website
Hari Ini: 8,680
Minggu Ini: 75,320
Bulan Ini: 830,271
|
Jumlah Pengunjung: 6,004,810

Simulasi Kebakaran Tingkatkan Kesiapsiagaan Lanud Supadio Gelar Latihan Pemadaman Kebakaran Semester 1

TNI AU.  Personel Pemadam Kebakaran Base Resque Lanud Supadio menunjukkan ketrampilan dan kemampuan dalam simulasi latihan penanggulangan kebakaran Semester 1 T.A 2024 yang diadakan di Mess Harsono dan Mess Doni Kristian Lanud Supadio, Kubu Raya, pada Selasa malam, (21/5/2024). 

Personel Base Resque Lanud Supadio dan kendaraan pemadam kebakaran serta para pendukung lainya segera menuju kedua ketempat kejadian kebakaran,untuk memadamkan api dan tim medis segera mengevakuasi korban ke RSAU dr. M. Sutomo Lanud Supadio untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Setelah kobaran api mulai dikuasai oleh tim pemadam kebakaran dalam waktu hitungan menit,Satuan Polisi Militer dan Intelijen yang berada dilokasi kejadian langsung melaksanakan perimeter dan penyelidikan awal kejadian.

Latihan ini dirancang untuk menguji kesiapsiagaan dan ketanggapan personel dalam menghadapi situasi darurat kebakaran, serta memastikan bahwa setiap anggota tim memiliki pemahaman yang kuat tentang prosedur penyelamatan dan pemadaman api.

Kepala Dinas Operasi Lanud Supadio, Kolonel Pnb I Gusti Ngurah Adi Brata menjelaskan bahwa Simulasi ini mencakup berbagai skenario kebakaran yang mungkin terjadi di lingkungan Ksatrian dan mess,juga memberikan pengalaman yang mendekati kondisi nyata. 

“Personel pemadam kebakaran ditantang untuk melakukan evakuasi penghuni, mengatasi penyebaran api, dan memastikan keselamatan seluruh personel serta aset di sekitar lokasi”. Ujar Kadisops.

Ditambahkanya, selain menguji kemampuan teknis, latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama antar anggota tim. Dalam situasi darurat, kerja sama yang baik antara semua personel sangat penting untuk mencapai hasil yang efektif dan efisien. 

Pada kesempatan yang sama, Ps Kasubsi PK Lanud Supadio Kapten Sus Iwan Irawan menambahkan Latihan ini menunjukkan komitmen Lanud Supadio terhadap keselamatan dan profesionalisme dalam penanggulangan kebakaran.