Pengunjung Website
Hari Ini: 974
Minggu Ini: 77,287
Bulan Ini: 524,562
|
Jumlah Pengunjung: 7,023,320

Sosialisasi Bantuan Hidup Dasar (BHD)

TRNI AU. Kepala Kesehatan (Kakes) Kodiklatau Kolonel Kes dr. Ngudiarto, Sp. PD., menyampaikan sosialisasi tentang Bantuan Hidup Dasar usai pelaksanaan apel pagi persatker dilapangan apel Abdulrachman Saleh, Kamis (7/9/2023).

Sosialisasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) dipandang perlu disampaikan agar personel Kodiklatau memahami dan mengerti tindakan darurat yang dapat menyelamatkan nyawa seseorang. Sosialisasi BHD disampaikan secara terinci dengan tahap-tahap dasar cara penanganannya oleh Tim Kesehatan Kodiklatau, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut memastikan diri sendiri, korban dan lingkungan dalam keadaan aman, selanjutnya mengecek respon korban dengan menepuk-nepuk bahu, meminta bantuan atau menghubungi telp darurat 119, memberikan bantuan Resusitasi Jantung Paru (RJP) dan selanjutnya memberikan bantuan nafas buatan.

Dengan penjelasan dan praktek secara singkat oleh Tim Kesehatan diharapkan seluruh personel Kodiklatau dapat menangani seseorang dalam keadaan kritis dengan menerapkan tahap-tahap bantuan hidup dasar yang sudah dijelaskan secara rinci, sebagai bagian dari pertolongan pertama.

Sosialisasi akan disampaikan secara bergiliran setiap hari Kamis usai pelaksanaan apel persatker, dan untuk giliran hari ini adalah satker gedung Adi Sutjipto, tutur Kakes.