Pengunjung Website
Hari Ini: 13,588
Minggu Ini: 65,851
Bulan Ini: 513,123
|
Jumlah Pengunjung: 7,011,879

Tumbuhkan Jiwa Kejuangan dan Semangat Pengabdian, Personel Lanud Anang Busra dan Satrad 225 Tarakan Ikuti Sosialisasi Doktrin TNI AU Swa Bhuwana Paksa

TNI AU. Segenap Perwira Lanud Anang Busra, Perwira Satrad 225 Tarakan dan Bintara serta Tamtama Lanud Anang Busra dan Satrad 225 Tarakan, mengikuti Sosialisasi Doktrin TNI AU Swa Bhuwana Paksa, Sosialisasi tersebut dipimpin Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bidang SKA Lemhannas  Marsekal Pertama TNI  Somad, S.I.P.,  di Gedung Pertemuan Lanud Anang Busra, Tarakan, Kalimantan Utara. Senin (26/2/2024).

Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bidang SKA Lemhannas Marsekal Pertama TNI  Somad, S.I.P., menyampaikan, bahwa TNI maupun Angkatan dalam melaksanakan peran, fungsi, dan tugasnya pada dasarnya selain membutuhkan doktrin. Doktrin tersebut memuat tentang Ketentuan-ketentuan yang menjadi tuntunan dalam tata cara, urutan kegiatan dan prosedur dalam menjalankan suatu rangkaian kegiatan, baik kegiatan Operasi Militer (Opsmil) dalam konteks penggunaan kekuatan, juga memuat kegiatan fungsi organik dalam konteks pembinaan kekuatan.

Selanjutnya beliau mengatakan, dalam rangka mengikuti perkembangan kebutuhan organisasi di lingkungan TNI Angkatan Udara, Kodiklatau selaku Satuan Pembina Sistem (SPS), dan sekaligus sebagai Satuan Pembina Materi (SPM) bidang doktrin dan petunjuk di lingkungan TNI Angkatan Udara telah melaksanakan penyusunan dan merevisi terhadap  beberapa doktrin TNI Angkatan Udara, diantaranya adalah doktrin TNI AU Swa Bhuwana Paksa yang telah di sahkan berdasarkan keputusan Panglima TNI Nomor Kep/545/V/2019.

"Sasaran yang ingin dicapai pada kegiatan sosialisasi pada kesempatan ini diantaranya adalah: Pertama, tercapainya pemahaman yang sama bagi semua satuan terkait doktrin (SPM, SP) tentang format dan isi setiap doktrin yang akan di susun, direvisi, maupun  dioperasionalkan oleh satuan pengguna di lingkungan TNI Angkatan Udara, kedua, terwujudnya keseragaman doktrin yang lebih praktis dan mudah dipahami, serta tercapainya validitas dan ketertiban sistem dokumentasi doktrin di lingkungan TNI Angkatan Udara," ungkap Marsekal Pertama TNI  Somad, S.I.P.

Sementara itu, Komandan Lanud Anang Busra Kolonel Pnb Bambang Sudewo dalam sambutannya yang dibacakan Kadisops Mayor Nav Maruli Tua Sinambela, S.sos., M.Tr.SOU.,  menyampaikan, doktrin TNI AU Swa Bhuwana Paksa bersifat filosofis fundamental guna menumbuhkan jiwa kejuangan dan semangat pengabdian prajurit TNI AU untuk mencapai keberhasilan tugas TNI AU dengan dilandasi keyakinan dan tekad yang luhur. 

"Saya berharap kepada para peserta sosialisasi untuk menyimak dengan baik apa yang akan dipaparkan dan disampaikan oleh para nara sumber. saya yakin, sosialisasi yang  akan disampaikan tersebut akan sangat bermanfaat bagi personel lanud Anang Busra dan Satrad 225 Tarakan sehingga harapannya dapat mewujudkan TNI Angkatan Udara yang disegani di kawasan," ujar Danlanud.