Pengunjung Website
Hari Ini: 6,033
Minggu Ini: 58,304
Bulan Ini: 505,578
|
Jumlah Pengunjung: 7,004,336

Upacara Pembukaan Latihan Survival Tempur Koopsud III Digdaya Yudha TA 2023

TNI AU. Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Marsda TNI Donald Kasenda, S.T., S.I.P., M.M., selaku Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat) membuka resmi latihan Survival Tempur Koopsud III Digdaya Yudha TA 2023 di Lapangan Upacara Makoopsud III, Biak Numfor, Papua, Senin (25/09/2023).

Latihan Survival Tempur Koopsud III Digdaya Yudha TA 2023 merupakan latihan rutin yang dilaksanakan Koopsud III setiap tahun. Tahun ini diikuti 30 peserta dari Koopsud III beserta jajaran yang akan berlangsung mulai tanggal 25 s.d. 27 September 2023 di seputaran Makoopsud III, Biak.

Pangkoopsud III dalam sambutannya mengatakan, bahwa latihan bertujuan untuk menguji kesiapan satuan, sekaligus membina tingkat profesionalisme satuan-satuan yang berada di jajaran Koopsud III dalam menghadapi keadaan darurat.

"Latihan ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan cara bertindak yang benar dan mencapai kesiapsiagaan operasional awak pesawat dalam menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Pangkoopsud III.

Lebih lanjut Pangkoopsud III menjelaskan, bahwa latihan yang dilaksanakan meliputi tahap-tahapan SERE sesuai skenario latihan, yakni; tahap survival atau tahap survive baik di darat maupun di laut, tahap upaya menghindari pengamatan atau penangkapan musuh yang disebut tahap evasion, tahap daya tahan tubuh dalam kondisi darurat atau tahap resistance, dan tahap meloloskan diri dari daerah musuh atau biasa disebut escape.

Selanjutnya, Pangkoopsud III menekankan kepada seluruh peserta latihan untuk melaksanakan latihan dengan serius, dan mematuhi ketentuan, petunjuk dan perintah yang diberikan oleh para pelatih, agar latihan dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar sesuai rencana, serta dapat mencapai hasil kualitas yang maksimal.

Diakhir sambutannya, Pangkoopsud III menekan kepada seluruh pelaku latihan untuk memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan, faktor medan dan cuaca, menjaga sikap dan kearifan lokal, serta mematuhi semua ketentuan dan aturan yang disampaikan pelatih.

Usai upacara pembukaan, dilanjutkan dengan gelar perlengkapan dan pengecekan oleh Pangkoopsud III.

Turut hadir dalam upacara pembukaan, Kaskoopsud III, Irkoopsud III, para pejabat Koopsud III dan seluruh Kolat, Pelatih, Pendukung, dan seluruh peserta Latihan Survival Tempur Koopsud III Digdaya Yudha TA 2023.

Upacara Pembukaan Latihan Survival Tempur Koopsud III Digdaya Yudha TA 2023 Upacara Pembukaan Latihan Survival Tempur Koopsud III Digdaya Yudha TA 2023 Upacara Pembukaan Latihan Survival Tempur Koopsud III Digdaya Yudha TA 2023 Upacara Pembukaan Latihan Survival Tempur Koopsud III Digdaya Yudha TA 2023