Pengunjung Website
Hari Ini: 12,043
Minggu Ini: 64,311
Bulan Ini: 511,582
|
Jumlah Pengunjung: 7,010,340

Pangkoopsud III Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke 78 TNI di Lapangan Frans Kaisiepo

Pangkoopsud III Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke 78 TNI di Lapangan Frans Kaisiepo

TNI AU. Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Marsda TNI Donald Kasenda, S.T., S.I.P., M.M. menjadi inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Frans Kaisiepo Mako Guskamla Koarmada III, Biak Numfor, Papua. Kamis, (05/10/2023).

Pangkoopsud III Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke 78 TNI di Lapangan Frans Kaisiepo

Setibanya di lokasi upacara, Pangkoopsud III menerima jajar kehormatan sesuai Tata Upacara Militer (TUM) Angkatan Laut. Upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara Mayor Laut (S) Stevey Hamadi, kemudian dilanjutkan pemeriksaan pasukan menggunakan kendaraan taktis Maung produksi PT. Pindad dari Koopsud III. Berikutnya dilanjutkan dengan penghormatan kepada lambang-lambang satuan, mengheningkan cipta, pengucapan sapta dari tiga matra, dan pembacaan amanat Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A. oleh Pangkoopsud III.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Pangkoopsud III, Panglima TNI menyampaikan, selama 78 tahun berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.

Pangkoopsud III Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke 78 TNI di Lapangan Frans Kaisiepo

TNI juga, lanjut Panglima TNI, telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri. Namun kita tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan.

“Melalui tema HUT TNI kali ini “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk”, ucap Panglima TNI dalam amanatnya.

Pangkoopsud III Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke 78 TNI di Lapangan Frans Kaisiepo

Kekuatan pasukan pada upacara ini terdiri dari kelompok lambang satuan, peleton satuan musik gabungan, peleton Pamen gabungan, peleton Pama Gabungan, peleton POM gabungan, Kompi gabungan TNI AD, Kompi gabungan TNI AL, Kompi gabungan TNI AU, peleton Polri/Brimob, peleton Dinas Perikanan dan Kelautan Biak, peleton Basarnas Biak.

Tampak hadir dalam Upacara HUT ke-78 TNI yakni, Wakil Bupati Biak Numfor, Ketua DPRD Biak Numfor, Kas Koopsud III, Ir Koopsud III, Dankosek III, Danlanud Manuhua, Danrem 173/PVB, Danguskamla Koarmada III, Kapolres Biak Numfor, para pimpinan dan pejabat TNI-Polri Biak Numfor, jajaran Forkopimda Biak Numfor, tokoh masyarakat, dan para tamu undangan lainnya.

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan Defile pasukan upacara beserta kendaraan taktis dari TNI-Polri wilayah Biak Numfor. Selanjutnya acara dilanjutkan syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada perwakilan TNI-Polri, serta penyerahan secara simbolis bantuan sosial kepada perwakilan warga Biak Numfor.

Rangkaian acara diakhiri dengan panggung prajurit yang diisi dengan penampilan spontanitas dari satuan TNI Angkatan Udara, Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Polres Biak, serta beberapa artis lokal.