Pengunjung Website
Hari Ini: 2,747
Minggu Ini: 50,395
Bulan Ini: 26,749
|
Jumlah Pengunjung: 6,525,507

Personel Lanud Sam Ratulangi Ikuti Sosialisasi Buku Saku Netralitas TNI

Personel Lanud Sam Ratulangi Ikuti Sosialisasi Buku Saku Netralitas TNIPersonel Lanud Sam Ratulangi Ikuti Sosialisasi Buku Saku Netralitas TNI

TNI AU. Personel Lanud Sam Ratulangi mengikuti Sosialisasi Buku Netralitas TNI dalam Pemilihan Umum (Pemilu) yang dibuka oleh Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean didampingi Ir Babinkum TNI Brigjen TNI Rudi Suryono, S.H., M.H., di Aula Grhadika Jaya Sakti, Makodam XIII/Merdeka, Manado. Rabu (11/10/2023).

Dalam sambutan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M., yang dibacakan Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka menjelaskan bahwa keikutsertaan dalam acara sosialisasi ini sebagai bukti nyata untuk mewujudkan komitmen Netralitas TNI dalam pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

“Setiap prajurit TNI dilarang berpolitik praktis ataupun terlibat dalam kegiatan partai politik, dan TNI memiliki aturan serta sanksi tegas bagi prajurit yang melanggar Netralitas TNI,” ujarnya.

Personel Lanud Sam Ratulangi Ikuti Sosialisasi Buku Saku Netralitas TNIUntuk mengantisipasi hal tersebut, lanjutnya, sosialisasi buku saku Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) diselenggarakan guna menjelaskan berbagai aturan hukum yang berlaku bagi prajurit dan PNS TNI dalam rangka mencegah terjadinya pelanggaran Netralitas TNI yang tahapan-tahapan Pemilu dan Pilkada 2024 sedang berjalan.Personel Lanud Sam Ratulangi Ikuti Sosialisasi Buku Saku Netralitas TNI

Sementara itu, Ir Babinkum TNI mengatakan bahwa mewujudkan Pemilu dan Pilkada yang berintegritas akan menjadi ujian bagi bangsa Indonesia, termasuk terhadap TNI yang merupakan garda terdepan dan benteng terakhir bangsa memiliki peran sentral dalam menjaga keamanan, ketertiban dalam kesuksesan penyelenggaraannya.

“Perlu adanya pemahaman terkait aturan-aturan tentang Pemilu dan Pilkada bagi prajurit TNI, dan tentunya harus berkoordinasi dengan KPU serta Bawaslu dalam menangani pelanggaran ataupun tindak pidana yang berkaitan dengan penyelenggaran Pemilu dan Pilkada,” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan paparan Kabid Gakkum Babinkum TNI Kolonel Chk (K) Sri Widyastuti, S.H., yang disimak secara seksama oleh seluruh peserta sosialisasi.